Minggu, 28 Oktober 2018

Si Hebat Orange

                          Si Hebat Orange

               Sumber: www.alodokter.com

Setelah di tempatkan di tempat tugas yang baru, desa Bali Ledo, Kabupaten Sumba Barat. Terus terang saya semakin bahagia karena di tempatkan di desa yang jauh dari ributnya kota dan polusi diman-mana,
Satu-dua bulan pertama, akhirnya saya sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan baru saya.
Hampir seluruh warga di desa itu bermatah pencarian sebagai petani. Karena rata-rata memiliki sawah tadah hujan, maka mereka akan bekerja saat musim hujan tiba saja. Sedangkan di musim kemarau, rata-rata mereka semua sibuk membuat bedengan sayur.
Berhubung sepanjang desa Bali Ledo ini dialiri air sungai yang cukup besar, serta di kelilingi bukit-bukit, sehingga mempermudah warga untuk menanam beraneka macam sayur.
Hampir semua anak-anak di desa Bali Ledo ini adalah murid saya, jadi mudah saja bagi saya untuk setiap hari memesan sayur saat musimnya.
Selain membantu orang tua mereka masing-masing, ada juga beberapa anak yang mempunyai bedengan sendiri. Rata-rata sayur yang mereka tanam adalah bayam, kangkung, sawi, wortel, sawi putih dan kol.
Saat musim kemarau di desa ini, harga sayur menjadi murah karena hampir semua warga mempunyai bedengan masing-masing. Selain untuk dikonsumsi sendiri, sayur-sayur ini juga akan dibawa ke kota untuk dijual kepada pemborong sayur di pasar.
Wortel jadi kesukaan saya. Selain dibuat sayur sup, setiap hari saya selalu membuat jus wortel untuk saya konsumsi, tiga kali sehari. Awalnya cuma coba-coba, tapi lama-kelamaan justru jadi kebiasaan. Kadang saya tambahkan sedikit madu.
Adapun wortel mengandung vitamin dan mineral, karbohidrat, serat, dan senyawa lainnya.
Suatu hari tanpa sengaja saya coba browsing kasiat wortel ini, karena itu saya sertakan juga beberapa kasiat wortel dibawah ini.
Berikut adalah berbagai manfaat wortel bagi tubuh dalam mencegah beberapa penyakit dan menjaga kesehatan organ tubuh.
1. Mencegah penyakit jantung
Mengonsumsi lebih banyak wortel oranye dan sayuran lainnya dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner sebesar 32 persen. Selain itu, konsumsi wortel bisa menurunkan risiko terjadinya serangan jantung pada wanita. Ini karena wortel dapat menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol dalam tubuh.

2. Berbagai jenis penyakit kanker
Mengonsumsi wortel secara rutin dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, kanker usus, kanker perut, kanker paru, kanker lambung, dan kanker payudara. Kandungan karotenoid dan beta karoten yang  tinggi mencegah terjadinya semua penyakit tersebut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perokok yang mengonsumsi wortel lebih dari satu buah dalam seminggu dapat menurunkan risiko kanker paru.

3. Merawat mata
Vitamin A, beta karoten, dan lutein pada wortel dapat mencegah mata dari gangguan atau penyakit, seperti glaukoma, katarak, dan kelainan refraksi (miopi, astigmatisme dan hipermetropi).

4. Menjaga kesehatan otak
Asupan tinggi sayuran umbi akar, termasuk wortel, dapat memperbaiki daya ingat dan daya kognitif (kemampuan berpikir) seseorang.

5. Antiradang
Ekstrak wortel mencegah tubuh dari peradangan. Bahkan efeknya hampir setara bila dibandingkan dengan konsumsi obatan-obatan seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, dan celecoxib.

6. Antipenuaan dan kesehatan kulit
Antoksidan, karotenoid, serta polifenol pada wortel oranye dan ungu membantu memperlambat penuaan dengan mengurangi radikal bebas dari sinar matahari dan polusi pada tubuh.
7. Menjaga kesehatan mulut
Mengonsumsi wortel sehabis makan dapat mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang karena membantu meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan gigi.
Sumber:  https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-wortel-bagi-tubuh/

Tidak lupa juga saya bagikan kandungan dan kasiat wortel dan pentingnya mengkonsumsi buah dan sayur kepada anak didik saya di SMP Negeri 6 Loli saat berada di kelas.

#TantanganODOP6
#onedayonepost
#odopbatch6
#nonfiksi
#gobion2019
#cappanahmerah
#generasimakansayurdanbuah

2 komentar:

Resensi Novel Bekisar Merah

  Perempuan dalam Kungkungan Kenyataan Judul                            : Bekisar Merah Penulis                         : Ahmad Tohari...