Minggu, 25 November 2018

Kembalikan Guruku

                  Kembalikan Guruku
Hasil Duduk Sore Lisa Pingge & Mony Yanggu

                    Guruberproses.com

Ku teriak lantang pada dunia
"Kembalikan guruku!"
Dunia tertawa sambil jari-jari mereka terus menekan tombol-tombol benda aneh itu
Ku teriak lebih lantang lagi
"Kembalikan guruku!!"
Tawa riang dunia semakin keras dengan jari-jari yang terus digerakkan

Aku kembali menggerakkan pensil pada kertas kosong
Aarrggh, mengapa sesulit ini membuat satu garis?
Aku bertanya pada teman sebelahku
"Dapatkah kau membuat satu garis untukku?"
Temanku menatapku sayu,
Ia bahkan tak dapat memegang pensil

Aku pun termangu
Dengan semangat aku berlari pada guruku
Pikirku, satu-satunya orang yang dapat menolongku
Pikirku lagi. Ya, satu-satunya yang aku tau dapat mengajariku

Semangatku adalah belajar bersamanya
Bahagiaku ialah diajarinya
Aku ingin menjadi sepertinya
Ia kusebut pelita dalam gelap,
Yang menerangi bumi saat gelap menutupi ketidaktahuanku

Namun.....
Benda aneh di tangannya bahkan lebih penting dari kehadiranku
Sesekali ia tersenyum dan tertawa
Bukan karena aku
Bukan pula karena keluguanku

Ku sapa “Ibu...”, “Bapak...”
Mungkin ia tak tau aku ada
Sekali lagi ku sapa keras
Mungkin suaraku terlalu kecil sehingga tak terdengar
Atau
Kehadiranku tak berarti baginya???
Detik... menit....
Aku menunggu lagi di dekatnya

Bel berbunyi
Aku pulang tanpa tahu membuat garis

Itukah guru? Tanyaku dalam hati
Itukah guru? Hati kembali bertanya keras
Guru hebat yang maju bersama teknologi
Guru hebat yang hanya terkenal pada dunia maya
Seolah-olah ia benar mengajariku
Seolah-olah ia benar berkorban untukku
Nyatanya....
Kehadiranku di dekatnya tidak disadarinya
Bahkan tak berarti baginya

Wahai kau yang disebut guru
Mana ikrarmu?
Benarkah kau pelita dalam gelap itu?


Kembalikan guruku!

#Tantangantemabebas
#ODOP6
#KelasFiksi

1 komentar:

Resensi Novel Bekisar Merah

  Perempuan dalam Kungkungan Kenyataan Judul                            : Bekisar Merah Penulis                         : Ahmad Tohari...