Sabtu, 24 November 2018

Review Cerpen Masa Lalu yang Tertinggal di Dalam Tubuh

Judul : Masa Lalu yang Tertinggal di Dalam Tubuh
Penulis : Aksan Taqwin Embe
Dipublikasikan : Kompas, 15 November 2018
Link : https://lakonhidup.com/2018/11/15/masa-lalu-yang-tertinggal-di-dalam-tubuh/

         
               Masa Lalu yang Tertinggal di Dalam Tubuh,Kompas


           Kita semua pasti pernah mengalami yang namanya kecewa, patah hati, ditinggalkan atau mungkin merasakan kepahitan hidup lainnya. Tetapi cara kita move on dari kenyataan yang kita hadapi pasti berbeda. Bahkan tidak sedikit orang yang bunuh diri.
           Bagaimana cara tokoh utama mengendalikan semua perasaan itu rupanya sederhana sekali. Seperti yang dituangkan penulis dalam ceritanya, cukup bermeditasi.
            Cerpen dengan alur maju mundur ini, butuh dibaca ulang-ulang untuk mengerti maksud penulis dalam tulisannya ini. Meskipun tanpa nama, penggambaran tokoh cukup bisa dimengerti. Bagaimana hubungan tokoh utama dengan Iriya juga tidak dijelaskan secara terperinci, mungkin Iriya adalah mantan pacarnya.
Ketika ia gelisah, ketika rindu dan ingatan tentang Iraya muncul dalam pikirannya, ia bermeditasi.
Penulis secara tidak langsung ingin memberi tahu semua pembaca bahwa meditasi itu salah satu cara sederhana untuk mengendalikan semua kegelisahan dan amarah dalam hidup. Cukup duduk dengan tubuh tegap dan kaki terlipat lalu berkonsentrasi penuh. Dengan sedikit memberi teori dasar tentang gunanya bermeditasi daripada duduk pasrah dengan tangan ke belakang menahan tubuh  justru akan merusak ginjal, kata penulis.
Tidak banyak kekurangan dalam cerpen ini, bahkan hampir tidak ada. Lewat cara mengatasi keadaan si tokoh utama dalam cerpen ini, penulis ingin mengajak semua pembaca bahwa perlunya mengendalikan amarah dan dendam masa lalu agar tidak terjadi pertengkaran bahkan pembunuhan, hanya dengan bermeditasi.

#Tantanganreviewcerpen
#ODOP6
#Kelasfiksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resensi Novel Bekisar Merah

  Perempuan dalam Kungkungan Kenyataan Judul                            : Bekisar Merah Penulis                         : Ahmad Tohari...