Kamis, 28 Februari 2019

Tugas Membaca di Komunitas One Day One Post Pilihan Buku ETIKA BUDAYA MARAPU DI SUMBA TIMUR

                            Tentang Buku


             Sebagai orang Sumba tentunya saya sangat bangga dengan kekayaan budaya di tanah kelahiran saya. Sebelumnya saya belum pernah membaca buku lain yang mengkisahkan aliran kepercayaan Marapu.
             Bercerita tentang aliran kepercayaan bukanlah hal yang mudah. Saya membaca buku karya Nggodu Tunggul yang berjudul Etika Budaya Marapu di Sumba Timur ini dan menjadi lebih tahu tentang budaya serta aliran kepercayaan nenek moyang orang Sumba.
            Kepercayaan Marapu adalah kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam wujud “Budaya Spiritual” khas Sumba, aliran kepercayaan nenek moyang orang Sumba sebelum masuknya agama-agama modern. Bahkan aliran kepercayaan Marapu ini masih dianut oleh penghuni rumah-rumah adat di kampung-kampung besar di Sumba. Mereka tetap mejalankan dan mempertahankan sistematika dan formulasi yang diajarkan dalam kepercayaan Marapu tentang keyakinan mereka terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang disebut dengan berbagai konsep Marapu.
Buku ini padat, sarat pengertian serta mengajar kita generasi muda untuk tetap menghargai dan menghormati aliran kepercayaan Marapu. Tetap hidup berdamai dan tidak menganggap agama kita lebih benar dari aliran kepercayaan orang lain.

#ReadingChallengeOdop
#RCO
#Level3
#Tantangan3

3 komentar:

Resensi Novel Bekisar Merah

  Perempuan dalam Kungkungan Kenyataan Judul                            : Bekisar Merah Penulis                         : Ahmad Tohari...